Kamis, 26 Mei 2011

Ancaman Bom Via Telepon



Kita sadari semakin banyak modus untuk menteror yang akan berdampak kepada kelancaran aktivitas ataupun produksivitas perusahaan kita. Salah satunya bisa berupa ancaman melalui telpon. Bagaimana kita mensikapinya..... dan bagaimana kita mempersiapkannya..... bagaimana dampaknya..... dan adalah cara yang termudah untuk memandu staff kita (operattor) ?
Mari sebelumnya kita kaji sedikit arti kata "TERROR" & "Negosiasi"

a.
TERROR
Berasal dari bahasa latin, yaitu terdiri dari kata “TERRERE” Yang artinya membuat gentar yang amat sangat / kegentaran yang amat dasyat dan “DETERRE” yang berarti membuat rasa takut yang amat sangat / mengejutkan yang dasyat. Dapat disimpulkan bahwa TERROR berarti perbuatan yang didalamnya mengandung unsur kekejaman yang luar biasa (sadis) yang dapat menimbulkan kegentaran / keresahan dikalangan masyarakat luas.
a.
TERRORISME
  • Adalah suatu perbuatan yang menggunakan cara kekerasan dan intimidasi sebagai suatu senjata politik.
  • Adalah penindakan, intimidasi dan penaklukan yang dilaksanakan dengan cara – cara terror.
a.TERRORIS
Adalah orang suatu manusia yang melaksanakan kejahatan dengan menggunakan cara – cara terror.


NEGOSIASI
Suatu upaya yang dilakukan gunakan untuk mengumpulkan bahan keterangan sebanyak mungkin serta menawarkan / membuat kesepakatan / perundingan / beramai / mengurangi / melemahkan / mendapatkan apa yang diinginkan / tercapainya persamaan persepsi.
Dapat dikatakan juga;
Negosiasi : Yaitu suatu cara untuk menetapkan keputusan yang dapat di sepakati & diterima oleh dua belah pihak dan menyetujui apa dan bagaimana tindakan yang akan dilakukan di masa mendatang.


ANCAMAN BOM
Pengertian
Suatu berita yang disampaikan melalui surat atau telepon / alat komunikasi lainnya oleh seseorang atau kelompok / organisasi yang tidak jelas identitasnya tentang keberadaan sebuah atau lebih Bom, yamg setiap saat dapat meledak.
Dampak Ancaman Bom
  • Panik
  • Hilangnya Kepercayaan Pucblic
  • Hilangnya Waktu Produksi / Operasiaonal Kerja
  • Kecelakaan Evakuasi (Panik & Bingung)
  • Gangguan Psikologi dan Stress
PADA SAAT MENERIMA ANCAMAN TELPON
  1. 1.Tenang.
  2. 2.Jangan gugup (supaya memberikan laporan yang jelas)
  3. 3.Ulur waktu (ajaklah sipenelpon untuk berlama-lama berbicara, bila mungkin tanya identitas, alamat sipenelpon).
  4. 4.Menghubungi Petugas Keamanan / Pimpinan & Telkom (dengan mengulur-ulur waktu diharapkan bisa dapat melakukan perekaman pembicaraan kepada No. Tersebut)
  5. 5.Cari Motivasi ( tujuan sipelpon sehimgga mengancam), isi form/checklist yang tersedia dibawah telpon anda.

15 UNSUR NEGOSIASI
  1. 1.Ingat bahwa segala sesuatu dapat di negosiasikan.
  2. 2.Fokuskan visi pada kesepakatan yang akan di tuju.
  3. 3.Persiapkan segala sesuatu terlebih dahulu.
  4. 4.Ajukan pertanyaan
  5. 5.Mendengar (menyimak)
  6. 6.Tentukan target untuk setiap kesepakatan
  7. 7.Targetkan tujuan semaksimal mungkin.
  8. 8.Kembangkan pilihan-pilihan & strategi.
  9. 9.Berpikir layaknya seekor Dolphin
  10. 10.Jujur & Adil
  11. 11.Jangan pernah menerima penawaran pertama
  12. 12.Rundingkan dengan kekuatan/kuasa (jika memungkinkan)
  13. 13Temukan apa yang diinginkan pihak lawan
  14. 14.Kooperatif dan bersahabat
  15. 15.Gunakan kekuatan kompetisi
Untuk mempermudah kita, ijinkanlah saya berbagi tips, dan ini boleh anda gunakan tetapi bukan merupakan patokan mutlak (silahkan modofokasi dengan kebutuhan dan jenis usaha anda) ;


untuk perjelas silahkan klik form diatas

NEGOSIASI YANG BERHASIL
Selidiki keinginan lawan bicara anda dan berusaha untuk mempertemukan dengan tujuan yang di harapkan tanpa mengubah / menghilangkan tujuan tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar

Klik Iklan Dapat Dollar

Klik Iklan Dapat Dollar
Klik Banner untuk Gabung